Kamis, 15 Juli 2021

Tips Memilih Mukena Agar Ibadahmu Tetap Istimewa Dan Nyaman

Memasuki bulan Ramadhan, mukena menjadi barang prayer set yang banyak dicari oleh para wanita. Mulai dari ibu-ibu, remaja hingga anak-anak. Mukena merupakan salah satu jenis pakaian yang biasa digunakan oleh para wanita untuk beribadah.

Sebenarnya mukena bukanlah pakaian wajib untuk shalat karena syarat sahnya shalat adalah menutup aurat semua wanita kecuali wajah dan telapak tangan. Namun di Indonesia mukena sudah menjadi bagian dari budaya Islam sebagai perlengkapan wajib shalat.

Meskipun di belahan dunia lain, seperti beberapa negara di Asia dan Timur Tengah, wanita dalam shalat menggunakan pakaian yang dikenakannya selama pakaian tersebut memenuhi syarat sahnya shalat atau yang disebut pakaian syar'i.

Saat bulan Ramadhan tiba, mukena menjadi sangat populer. Karena para wanita akan memakainya saat sholat tarawih dan juga sholat subuh yang dilanjutkan dengan ceramah subuh.

Mereka juga akan mengenakan mukena baru saat salat Idul Fitri di lapangan. Bagi mereka ada kebanggaan dan kepuasan tersendiri jika bisa membeli mukena baru.

Dari tahun ke tahun model mukena juga mengalami perubahan baik motif, corak, bahan maupun ornamennya. Nah, berikut ini adalah tips memilih mukena untuk anda.

Tips Memilih Mukena Agar Ibadahmu Tetap Istimewa Dan Nyaman

Pilih Bahan Yang Bagus dan Tidak Transparan

Memilih bahan mukena sangat penting karena bahan dari mukena itu menentukan sah dan tidaknya dalam salat. Kenapa bisa begitu? Salah satu syarat salat adalah tertutupnya aurat. Jika mukena yang dikenakan berbahan sangat tipis dan transparan maka aurat juga akan terlihat membayang.

Hal itu bisa menggugurkan syarat sahnya salat. Untuk mengantispasi hal tersebut pilihlah bahan yang bagus dan tidak transparan. Kamu bisa memilih mukena dengan bahan katun, lycra atupun sutra. Buat anak-anak yang belum baligh bisa memilih mukena dengan bahan parasut, polyster ataupun BSW.


Pilih Mukena Yang Sesuai Ukuran

Saat mau membeli mukena pastikan benar-benar mukena yang akan dipilih. Sesuaikan ukuran mukena jangan sampai kesempitan ataupun terlalu longgar. Mukena yang sempit atau kekecilan membuat tubuh tidak leluasa dalam gerakan salat.

Bahkan takutnya mukena itu tidak menutupi sampai ujung kaki dan tangan yang akan membuat salat tidak sah. Begitu juga jika mukena terlalu besar atau longgar, yang ada mukena bisa lepas, rambut kelihatan dan kesulitan dalam melakukan gerakan salat.


Pilih Mukena Yang Nyaman

Saat membeli mukena jangan hanya melihat renda, bordir, motif, corak ataupun ornamen-ornamen lainnya karena mukena cantik belum tentu nyaman dipakai. Bisa jadi mukena tampak cantik itu panas saat dipakai apalagi jika digunakan pada saat salat ied di tempat terbuka. Tubuh yang gerah akan membuat tidak nyaman dan tidak khusu dalam salat.

Pilihlah mukena dengan bahan yang adem dan lembut. Tidak terlalu ringan juga tidak terlalu berat. Bahan mukena yang sangat ringan bisa membuat tidak konsentrasi dalam salat. Karena jika salat di dalam masjid mukena bisa melambai-lambai tertiup kipas angin dan saat salat di tempat terbuka juga bisa tertiup angin.

Mukena yang berbahan terlalu tebal dan berat juga tidak nyaman dipakai karena saat salat tubuh sudah lelah dengan beratnya mukena yang dipakai.


Pilih Mukena Yang Kalem

Dalam memilih mukena sebaiknya pilihlah mukena yang kalem artinya jangan memilih mukena dengan warna-warna yang terlalu mencolok mata atau mukena dengan motif yang terlalu ramai. Takutnya hal itu tergolong ke dalam katagori tabarruj. Untuk itu pilihlah mukena dengan warna-warna netral dan warna-warna pastel yang lembut.


Pilih Mukena Yang Berkualitas

Mukena bukanlah barang sekali pakai. Untuk itu pilihlah mukena yang bagus kualitasnya. Perhatikan kainnya, jahitannya agar mukena tersebut bisa awet meski bekali-kali dipakaidan dicuci.

Nah, anda sudah tidak bingung lagi, kan untuk memilih mukena? Perhatikan betul-betul tips memilih mukena tersebut, ya, saat kamu mau membeli mukena