Minggu, 12 September 2021

Manfaat Sari Kurma Bagi Kesehatan dan Ibu Hamil

Manfaat sari kurma dipercaya dapat mengobati dan mencegah berbagai keluhan penyakit dalam tubuh antara lain adalah sembelit, gangguan usus, masalah jantung, anemia, disfungsi seksual, diare, kanker perut, dan kondisi lainnya.

Kurma merupakan tanaman yang banyak tumbuh di daratan timur tengah. Buah kurma dengan rasa manis yang khas diolah menjadi bentuk sari kurma dalam kemasan. Ini memudahkan untuk menikmati kenikmatan dan sari kurma itu sendiri.

Manfaat Sari Kurma Bagi Kesehatan dan Ibu Hamil

Kandungan Gizi Kurma

Kurma merupakan sumber yang baik dari berbagai vitamin dan mineral. Dengan sumber energi yang baik, gula dan serat.


Mineral

·         Kalsium

·         Zat besi

·         Fosfor

·         Natrium

·         Kalium

·         Magnesium

·         Seng


Vitamin

·         Thiamin

·         Riboflavin,

·         Niasin

·         Folat

·         Vitamin A

·         Vitamin K.


Kandungan yang paling menonjol dalam sari kurma adalah nutrisi yang baik bagi tubuh, sekitar 80% gula, beragam mineral seperti magnesium dan folat serta protein dan lemak, terkandung dalam buah kurma yang sudah masak.

Setidaknya dalam lima butir kurma, terdapat 115 kalori dan hampir semuanya terdiri dari karbohidrat. Kalium sebagai serat dalam kandungan buah kurma, merupakan sumber yang baik untuk penyeimbang asupan serat pada tubuh.


Manfaat Sari Kurma Bagi Ibu Hamil dan Pasca Melahirkan

Ibu Hamil

Kandungan kurma yang baik, membuat olahan nya yaitu sari kurma menjadi sangat penting bagi wanita yang tengah hamil. Sari kurma menghasilkan hormon sejenis oksitosin yang dapat merangsang kontraksi pada otot polos rahim pada saat menjelang kelahiran.


Pasca Melahirkan

Sari kurma sangat membantu kelancaran pada saat persalinan. Selain itu, manfaat sari kurma  dapat membantu menstabilkan kembali nutrisi dan darah bagi ibu setelah melahirkan.


Manfaat Sari Kurma Bagi Kesehatan

Menurunkan LDL (Kolesterol Jahat)

Serat pada sari kurma mencegah penyerapan kolesterol LDL. Mengikat zat kimia yang menyebabkan timbulnya gejala kanker usus besar dan melindungi selaput lendir usus.


Mengatasi Sembelit

Kurma sering dikategorikan sebagai makanan pencahar (makanan/obat untuk sembelit), inilah yang menyebabkan mengapa sari kurma ini sering dimakan oleh orang penderita sembelit.


Cara Penggunaan

Untuk mendapatkan efek pencahar yang diinginkan, kurma harus direndam dalam air selama malam. Kemudian, makan kurma yang direndam di pagi hari seperti sirup untuk mendapatkan hasil yang paling optimal.

Kurma memiliki tingkat serat larut, yang penting dalam mempromosikan gerakan usus yang sehat dan sangat baik dijadikan makanan pembersih saluran pencernaan, yang dapat meringankan gejala sembelit.3. Menjaga Kesehatan & Memperkuat Tulang

Kandungan mineral yang cukup besar membuat sari kurma merupakan makanan super yang dapat memperkuat tulang serta melawan penyakit seperti osteoporosis.

Kurma mengandung selenium, mangan, tembaga, dan magnesium, yang semuanya merupakan bagian integral dari perkembangan tulang yang sehat dan kuat. Penting sekali bagi orang yang memiliki usia yang sudah mulai tua yang membuat tulang menjadi sedikit melemah.


Menjaga Kesehatan & Memperkuat Tulang

Kandungan mineral yang cukup besar membuat sari kurma merupakan makanan super yang dapat memperkuat tulang serta melawan penyakit seperti osteoporosis. Kurma mengandung selenium, mangan, tembaga, dan magnesium, yang semuanya merupakan bagian integral dari perkembangan tulang yang sehat dan kuat. Penting sekali bagi orang yang memiliki usia yang sudah mulai tua yang membuat tulang menjadi sedikit melemah.


Mengatasi Anemia

Kurma memiliki kandungan mineral yang sangat tinggi, kandungan ini sangat bermanfaat untuk berbagai kondisi kesehatan salah satunya adalah anemia. Kandungan zat besi yang tinggi membuat mereka merupakan suplemen makanan yang sempurna untuk orang yang menderita anemia.

Tingginya tingkat zat besi meningkatkan energi dan kekuatan, sekaligus mengurangi perasaan kelelahan dan kelesuan yang disebabkan oleh anemia.


Masalah usus

Kandungan nikotin dalam kurma dianggap bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai macam gangguan usus. Konsumsi rutin sari kurma dapat membantu untuk menghambat pertumbuhan organisme seperti patologis. Dengan kemampuan ini sari kurma dapat digunakan untuk membantu meningkatkan pertumbuhan bakteri baik dalam usus.

Kurma juga tinggi serat larut yang penting untuk usus, ia juga mengandung asam amino yang dapat membantu proses pencernaan agar lebih efisien, hal ini akan berdampak baik terhadap banyaknya nutrisi yang akan diserap oleh saluran pencernaan dan masuk ke tubuh.